Apa Benar Jika Sering Pakai Topi Bakalan Bikin Kepala Botak? Simak Dulu Nih Faktanya!

Bener Nggak Sih Kalau Kamu Sering Pakai Topi Bakalan Bikin Kepala Botak? Simak Dulu Nih Faktanya!
Bener Nggak Sih Kalau Kamu Sering Pakai Topi Bakalan Bikin Kepala Botak? Simak Dulu Nih Faktanya!

Tapi nih sob, selama ini muncul beberapa pendapat yang beredar di tengah masyarakat yaitu adanya anggapan kalo kamu punya kebiasaan memakai topi, itu bakalan bikin kepalamu cenderung jadi botak, khususnya buat kamu para cowok. Jadi, banyak yang menduga kalo pemakaian topi dianggap bisa ngelemahin kesehatan akar rambut sehingga rambut bakal gampang rontok dan akhirnya kepala jadi botak. Emang beneran nggak sih kabar itu?

Eits, kamu jangan asal percaya gitu aja sob! Karena nih, menurut Medical Daily, kenyataannya pendapat ini nggak bener, alias salah sob! Yup, jadi bisa dibilang kalo pemakaian topi nggak bakal ngebikin cowok jadi botak.

Biasanya, cowok mengalami kebotakan karena hormon. Nah, silent killer ini disebut sama DHT ato dihidrotestosterin dan gen yang nentuin seberapa besar kamu bisa kena kebotakan. 

Adanya teori kalo pake topi bisa nyebabin kebotakan mungkin didasarin pada fenomena yang disebut sama alopecia traksi. Alopecia traksi sendiri terjadi waktu garis rambut jadi surut akibat traksi yang konsisten, mislanya aja kayak mengikat rambut terlalu ketat ato pake penutup kepala secara terus-menerus. Hal ini nih yang selanjutnya bikin folikel rambut rusak sehingga rambut nggak bisa tumbuh lagi.

Jadi sebenernya nih sob, selain genetika, yang bisa nyebabin kebotakan tuh karena infeksi, trauma, gizi buruk, kehamilan, sampai konsumsi obat-obatan.